Selasa, 26 Januari 2010

ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Pengaman listrik untuk rumah modern pada umumnya adalah MCB (mini circuit breaker). Pengaman ini hanya memberikan proteksi terhadap bahaya kebakaran karena beban lebih atau hubungan singkat. MCB tidak dapat memberikan proteksi terhadap sengatan listrik yang dialami seseorang, karena arus yang mengalir lewat tubuh seseorang relatif kecil dibandingkan dengan rating arus pada MCB. Sehingga diperlukan MCB yang diperlengkapi kemampuan untuk memutus arus bila terjadi bocoran arus ke tanah karena ada orang yang tersengat listrik. ELCB adalah MCB yang telah dilengkapi dengan rangkaian deteksi arus bocor yang mampu mencegah bahaya akibat sengatan listrik kepada seseorang. Alat ini bekerja dengan mendeteksi apakah ada perbedaan arus yang mengalir pada kawat listrik.


Bagaimana ELCB bekerja ??
Umumnya bila peralatan listrik bekerja normal maka total arus yang mengalir pada kawat “plus” dan “netral” adalah sama sehingga tidak ada perbedaan arus. Namun bila seseorang tersengat listrik, kawat “plus” akan mengalirkan arus tambahan melewati tubuh orang yang tersengat ke tanah.




Ilustrasi di atas menggambarkan bahwa pada kawat “plus” atau “fasa” akan mengalir tambahan arus sebesar ΔI bila ada seseorang yang tersengat aliran listrik. Bila ELCB terpasang, maka tambahan arus tersebut dideteksi oleh rangkaian khusus. Bila ada tambahan arus maka berarti ada perbedaan arus yang mengalir antara kawat “plus” dan “netral”. Perbedaan sebesar 30 mA sudah cukup untuk mengaktifkan relay untuk memutus MCB. Dengan demikian ELCB dapat melindungi orang dari bahaya tersengat aliran listrik.

Bagaimana cara pemasangan ELCB ??
Secara prinsip pemasangan ELCB sederhana, yakni dengan menyisipkan ELCB antara peralatan listrik dengan sumber listrik. Kedua kawat baik “plus” maupun “netral” dilewatkan ELCB sebelum mencapai titik yang dilindungi.

Jika MCB hanya kawat “plus” saja yang dilewatkan maka ELCB keduanya.


Ada beberapa konfigurasi pemasangan ELCB yang dapat dilakukan, yakni :
  1. Pemasangan ELCB untuk proteksi aliran listrik ke stop kontak, karena kasus tersengat listrik biasanya dialami lewat peralatan listrik yang ditancapkan ke stop kontak. Hal ini mudah dilakukan untuk rumah yang masih dibangun karena pengaturan perkabelan masih dapat dilakukan dengan mudah. Namun untuk rumah yang sudah jadi biasanya jaringan stop kontak dijadikan satu bagian dengan beberapa lampu. Hal ini agak menyulitkan namun dapat dilakukan alternatif mencari ELCB yang nilainya paling tidak setara dengan cabang MCB dimana terdapat stop kontak yang hendak diproteksi. Kemudian kabel ke stop kontak diputus kedua-duanya dan dilewatkan ke ELCB sebelum ke stop kontak. ELCB dapat ditaruh di kamar yang bersangkutan, misal kamar anak kecil, di beri kotak pengaman dan diletakkan ditempat yang tidak terjangkau anak-anak.

Pemasangan yang disarankan untuk rumah baru







Pemasangan alternatif untuk rumah yang jaringan listriknya sudah ada


Jika ada lebih dari satu stop kontak yang hendak diproteksi atau jaringan kabelnya menyatu dengan switch lampu. Maka disarankan proteksi dilakukan terhadap jaringan kabel untuk 1 kamar. Cari kabel jaringan listrik kamar yang mengarah ke MCB, sisipkan ELCB pada kabel antara MCB dan kamar.
Pemasangan ELCB untuk proteksi keseluruhan peralatan listrik rumah tangga. Untuk konfigurasi ini pemasangan cukup sederhana. Rating ELCB dipilih sama dengan MCB pada meter PLN, atau sedikit lebih besar. ELCB disisipkan diantara meter PLN dengan kotak MCB pembagi distribusi. Cara ini memang paling mudah dan praktis, namun resiko gangguan karena arus bocor lebih besar. Seperti telah diketahui ELCB bekerja berdasarkan perbedaan arus antara kawat “plus” dan kawat “netral”. Pada jaringan listrik rumah bisa saja kebocoran terjadi bukan dari akibat orang tersengat listrik tapi dari sambungan kabel di atap yang terkena tetesan air hujan, atau ada hewan atau tikus yang mati tersengat di atap, atau kawat “plus” yang isolasinya terkelupas. Arus bocoran ini menyebabkan ELCB akan sering trip sehingga mengganggu kenyamanan. Namun kondisi ini dapat pula digunakan sebagai indikator bahwa jaringan kabel ada yang terganggu, yakni akibat kemungkinan-kemungkinan yang disebut di atas. Bila terjadi hal seperti ini sebaiknya dilakukan pengecekan secara menyeluruh bagian-bagian jaringan kabel. Sementara kerusakan belum diatasi maka ELCB harus di “by pass” agar tidak mengganggu kenyamanan. Namun juga perlu dicermati apakah hanya ELCB saja yang sering trip, bila ternyata MCB lain juga trip maka kemungkinan bukan karena arus bocor tapi memang terjadi korslet atau beban lebih.



Proteksi untuk 1 rumah


Copyright @ xochan21@yahoo.com All Rights Reserved 2010


38 komentar:

  1. AKU MAU BELI ELCB NYA...BRAPA SATU..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung merk dan amper mas yg pernah aku liat merk CHINT 6A 1Phase sensitifitas 30mA Rp. 150 rebu.

      Hapus
    2. Saya sedia merk sunfree original hrg 145,500 blm termasuk ongkir,minat 082230868168

      Hapus
  2. Mas di elcb ada no 1234 yg fasa dr pln msuk dari atas ap dari bawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemasangan Elcb tidak boleh terbalik karna akan merusat kit elektronik di dlm elcb,input ada di atas,output bawah

      Hapus
    2. Pembelian elcb ,kami sertakan skema sederhana cara pasangnya

      Hapus
  3. untuk rumah 900 watt. berapaya ukuran elcbnya yg ideal???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg ideal pake 4A,tp pke yg 25/40A gpp,toh sudah ada mcb pembayas bawaan pln,dan kita bisa tambahkan mcb pengganti sekring dng menyrsuaikan amperenya ,misal 2A atau 4A sblm masuk elcb

      Hapus
    2. Saya blum paham antara komentar ini dengan gambar instalasi, ElCB itu bukanya setelag MCB utama dari PLN baru masuk ELCB, tapi di komen ini anda menjelaskan Dari MCB utama masuk MCB pengganti sekring baru masuk LCB,
      Bagaimana penjelasanya mohon ilmunya guru

      Hapus
    3. Yang benar itu dri mcb pembatas pln masuk elcb baru mcb beban

      Hapus
  4. untuk rumah 900 watt. berapa ya ukuran elcbnya yg cocok???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 900 watt ELCB pakai yang 4Ampere kalau MCBnya CL4, betulkah demikian..?

      Hapus
    2. Elcb yg bnyak tersedia 10/25/40A dst,itupun gk masalah kita pasang,yg perlu kita sesuaikan ampernya hanya mcb seblm masuk elcb

      Hapus
    3. Maksudnya di sesuaikan? Misal rumah sy 4A yang di PHB ada 3buah(4A) lalu di kalikan gitu y?

      Hapus
  5. Anang tehnik elektronika
    Sedia ELCB sunfree original
    Alamat sumberjo ambulu
    Jember 68172
    Hp082230868168
    @pembelian gratis ongkir hanya berlaku wilayah jawa timur
    @pembelian kami sertakan skema pemasangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mau tanya klu di rumah saya daya 900 kwh.yg bagus pakai elcb
      brp Amper dan brp mA ?

      Hapus
  6. untuk listrik 900Watt , ELCB pakai yang berapa Ampere

    BalasHapus
  7. Kalau mcb phb pakai sekring bisa gk pakai elcb

    BalasHapus
  8. Klo elcb yg 3phase nol nya harus dipisah apa d gabung sebelum masuk rangkaian mcb d panel

    BalasHapus
  9. Dan nol per phase nya jga apa harus dipisah atau bisa d gabung

    BalasHapus
  10. Gan.listrik dirumah 2200 watt kira2 elcb brp ampere yang cocok?

    BalasHapus
  11. bisaķah listrik prabayar pakai elcb listrik saya tdk pertanahan

    BalasHapus
  12. Adakah elcb yang Dua Amper,, soalnya listrik di rumah saya cuman 450 watt doang .. Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  13. yang harus dipahami, dalam pemasangan elcb kebelny harus yang ukuran 3x.....(phase, netral, grounding). rating elcb harus 30 mA untuk human protection. grounding tersebut harus terpasang baik sisi incoming maupun outgoing (stop kontak). terus jangan lupa ditest rangkaian yang sudah terpasang elcb, dengan elcb tester. untuk yang awam pasti bingung, yg bisa pasang listrik juga rata2 ga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo gak ada alat bsa dengan cara di cargingkan antara netral dn ground.kalo elcb trip turun itu sudah aman

      Hapus
    2. Maksudnya netral SMA ground d gabung gtu utk tes LCB.bang

      Hapus
  14. Terima kasih ilmunya .semoga bermanfaat

    BalasHapus
  15. Terima kasih ilmunya .semoga bermanfaat

    BalasHapus
  16. Listrik d rmah sy daya 450va,brarti 2amper,kira2 ada gk mas elcb yg utk 2amper yg hargany d bwah 100 merkny apa?

    BalasHapus
  17. Elcb yang 4ampere harganya berapa bos, listrik saya 900va.

    BalasHapus
  18. Kalo untuk listrik 1300 watt ELCB nya pake yang berapa ampere kak...???

    BalasHapus
  19. untuk listrik 900 watt, ukuran kabelnya yg baik pake berapa? 2x2.5 atau 2x1.5

    BalasHapus
  20. Listrik 2200 ideal memakai ELCB berapa Ampere Bos?

    BalasHapus
  21. Wow... Blog yang sangat menarik dan penuh informatif sekali,semoga blog ini menjadi blog yang selalu memberi informasi yang dibutuhkan oleh semua orang dan selalu menjadi blog edukasi khusus untuk saya.terimakasih.

    BalasHapus
  22. Sore gan mau nanya berapa phase ELCB yang dipasang dirumah 2200 Watt, mohon pencerahanya terima kasih.....🙏🙏

    BalasHapus
  23. informasi yang bermanfaat dan disampaikan dengan kata-kata dan penjelasan yang mudah difahami, menambah pengetahuan tentang kelistrikan. Untuk Info Listrik lainnya Kunjungi "Voltechno.Net"
    Thanks

    BalasHapus